CARA INSTALL WORDPRESS DI LOCALHOST XAMPP

Untuk menginstall wordpress pada localhost kita membutuhkan database dan database user. Maka kita harus membuatnya terlebih dahulu di database lokal pc.

Jangan Langkah ini diperlukan karena wordpress akan menggunakan database tersebut untuk mengelola data-data yang akan dibuat nantinya.

Jangan Xampp ini juga sudah support pembuatan database local menggunakan Phpmyadmin. Untuk cara menambahkan database dan user menggunakan xampp di Phpmyadmin silahkan simak penjelasan dibawah :


Membuat Database Dan User Di XAMPP

Jangan Lupa Untuk Memastikan Bahwa Aplikasi XAMPP Bisa Berjalan Dengan Baik Ya. Cek Kembali Dengan Mengetik Http://Localhost/Xampp Di Browser, Lalu Cek Status. Detilnya Bisa Dilihat Pada Gambar Di Bawah Ini.

1. Pertama-tama kita harus masuk ke phpmyadmin di XAMPP. Ketik di browser alamat http://localhost/phpmyadmin. Apabila kalian menggunakan local host 8080 maka ketik alamat http://localhost:8080/phpmyadmin sehingga muncul tampilan seperti berikut

2. Pada menu Database, silahkan masukkan nama database yang diinginkan, kemudian klik Create. Ingat-ingat nama database tersebut ya, karena kita akan menggunakannya nanti. Jika perlu, tuliskan di aplikasi notepad supaya mudah bagi kita untuk mengingatnya.
3. Sekarang saatnya kita menambahkan nama user untuk database yang baru saja kita buat. Silahkan masuk ke database yang sudah dibuat, Anda bisa menemukannya di bagian sebelah kiri. Begitu masuk, lihat menu Privileges. Kemudian klik Add user.
4. Begitu Anda klik Add User maka akan muncul form pembuatan user baru. Isikan username, Anda bisa mengisikannya dengan nama apapun teserah Anda, yang penting Anda hafal. Kemudian isikan juga host, gunakan use text field saja, lalu isikan dengan localhost. Selanjutnya isikan password 2 kali dan harus sama. Terakhir, centang grant all privileges on database.

5. Lalu Scroll ke bawah, dan Anda akan menemukan opsi Global Privileges guna memberikan hak akses kepada user untuk mengelola semua database, klik Check All saja. Setelah itu, pencet tombol Add User.

Nah seperti itulah langkah membuat database dengan xampp dan user di Phpmyadmin. Semoga bermanfaat...

Menginstall Wordpress di Localhost



1). Copy File Wordpress
Buka folder XAMPP di komputer anda : C:\xampp\htdocs, kemudia copy-kan file Wordpress ke dalam folder ini.

2). Tentukan Lokasi Wordpress Directory
Apabila file masih dalam bentuk compress, maka harus diekstrak terlebih dahulu.

Default folder / directory hasil ekstraknya biasanya bernama ‘wordpress’, dan jika Anda ingin, nantinya Anda bisa mengganti nama folder ini menjadi nama yang Anda sukai, katakanlah nama website Anda.

3). Buka WordPress Offline Di Browser
Sekarang bukalah browser favorit Anda yntuk membuka situs WordPress offline ini, nantinya kita bisa mengaksesnya dengan alamat – http://localhost/nama_folder.

Jika milik Anda tetap memakai folder default, maka alamatnya -http://localhost/wordpress.

Ketikkan di address bar, lalu klik – Create a Configuration File
Klik Lets Go atau Ayo jika memilih Bahasa indonesia
4). Install WordPress
Isikan nama database, username, dan password yang sudah Anda buat sebelumnya, masih ingat kan?
Pada bagian Database Host isikan dengan localhost saja.
Klik Submit/Kirim
Klik Run the install atau Jalankan Pemasangan
Isikan data-data yang dibutuhkan untuk admin dan nama website. Setelah itu klik install wordpress.
Selamat! WordPress offline Anda sudah jadi.
Silahkan Login.
5). Login Wordpress
Masukkan username dan password yang telah Anda buat pada langkah no.4 untuk login ke Dashboard.
Dan seperti inilah tampilan dashboard wordpress

Nah, demikianlah langkah-langkah bagaimana kita menginstal WordPress offline di localhost menggunakan XAMPP.

Semoga bermanfaat, dan silahkan bagikan atau share artikel ini barangkali ada yang membutuhkan.

No comments:

Post a Comment