PEGERTIAN, FUNGSI DAN CARA KERJA TEKNIK TWEENING PADA ANIMASI 2D

Sekarang dunia animasi memang sedang naik daun. Kali ini akan kita bahas tentang animasi 2D. Aplikasi untuk membuat animasi 2D salah satunya "Adobe Flash".dan kali ini kita akan menjelaskan pengertian teknik animasi tweening dan cara kerja tweenig di animasi 2D.

Nah langsung aja ...

1. Pengertian Tweening
Tweening adalah proses membuat sebuah animasi pergerakan dengan cara memberikan perubahan pada bentuk atau posisi objek dengan menentukan keyframe awal dan akhir sehingga dapat terbentuk frame-frame baru. Fungsi utama tweening adalah untuk menggerakkan objek dari satu titik ke titik lainnya.

2. Cara Kerja Tweening
Prinsip kerja dari animasi motion tween adalah membuat objek pada frame pertama dan terakhir saja, sedangkan frame-frame diantaranya akan dibuat secara otomatis. Animasi motion tween biasa digunakan untuk membuat animasi objek bergerak, berputar, dan mengubah ukuran seperti(skala). dan Kita hanya perlu menentukan posisi pertama dan posisi terkakhir obyek. 



Ada juga 3 Jenis fitur tweening yang biasa kita gunakan untuk membuat animasi 2D yaitu
  Motion Tween
Motion Tween adalah pergerakan suatu objek dari keadaan awal sampai keadaan akhir. Motion tween sering digunakan untuk memberikan animasi berupa merubah posisi benda,merubah ukuran benda,dan merubah visibilitas,kecerahan(brightness),kedalaman warna benda. Merubah posisi benda dapat diartikan bahwa motion tween dapat menggerakkan benda dari titik A ke titik B.
   Shape Tween
Shape tween adalah perubahan bentuk dari suatu objek ke objek lain. Untuk Shape Tween objek yang di animasikan harus berjenis Shape, untuk ukuran file yang dihasilkan Shape Tween lebih besar dibandingkan motion Tween
   Classic Tween
Pengertian classic tween tidak jauh beda dengan motion tween. Hanya saja classic tween digunakan untuk animasi 2 dimensi.

1 comment: