PENJELASAN LENGKAP WEB SERVER & FTP SERVER

Penjelasan Lengkap Web Server & FTP Server - Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan mengenai Web dan FTP Sever. Sebelum lanjut, bisa baca artikel sebelumnya mengenai DHCP & DNS Server

1. WEB SERVER

Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML.

Fungsi Web Server
Fungsi utama dari sebuah web server adalah memproses berkas-berkas yang diminta oleh klien dan kemudian memberikan respon berupa halaman website yang terdiri dari teks, gambar, video, dokumen, dan sebagainya. Proses ini dilakukan melalui sebuah protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa.
Jadi ketika anda mengakses suatu website, saat itulah anda (sebagai klien) melakukan sebuah permintaan, kemudian jika alamat IP atau domain website benar, web server akan merespon permintaan anda tersebut dengan memberikan file atau data yang tersimpan pada file storage atau database website tersebut.

Kelebihan Web Server

1. Open Source
2. Proses instalasinya mudah
3. Mudah untuk dikustomisasi
4. Bisa digunakan di berbagai platform mesin dari mainframe sampai embedded system
5. Ada komunitas yang besar sehingga mudah mencari solusinya jika ditemukan masalah
6. Server Apache otomatis berkomunikasi dengan clientnya untuk mendapatkan tampilan web terbaik
7. Keamanannya bagus dan bisa menggunakan SSL (Secure Socket Layer)

Kekurangan Web Server

1. Tidak bisa mengatur load seperti IIS sehingga akan terus memfork proses baru sampai dalam batas yang diijinkan OS. Akan memudahkan penyerang karena RAM akan cepat habis.
2. Mudah diserang oleh DoS 

Cara Kerja Web Server

1. Client disini dapat berupa komputer desktop dengan minimal memiliki browser dangan terhubung ke web server melalui jaringan (intranet atau internet).
2. Komputer yang berfungsi sebagai server, dimana didalamnya terdapat perangkat lunak web server, agar komputer ini dapat diakses oleh client maka komputer harus terhubung ke jaringan (intranet atau internet).
3. Pertama, client (user) akan meminta suatu halaman ke (web) server untuk ditampilkan di komputer client. Misalnya client mengetikkan suatu alamat (biasa disebut URL) di browser http://www.google.com. Client menekan tombol Enter atau klik tombol Go pada browser. Lalu apa yang terjadi? Melalui media jaringan (bisa internet, bisa intranet) dan melalui protokol http, akan dicarilah komputer bernama www.google.com. Jika ditemukan, maka seolah-olah terjadi permintaan, “hai google, ada client yang minta halaman utama nich, ada dimana halamannya?”. Inilah yang disebut request.
4. Sekarang dari sisi server (web server). Mendapat permintaan halaman utama google dari client, si server akan mencari-cari di komputernya halaman sesuai permintaan. Jika ditemukan, maka halaman yang diminta akan dikirimkan ke client (si peminta), namun jika tidak ditemukan, maka server akan memberi pesan “404. Page Not Found”, yang artinya halaman tidak ditemukan.


Contoh Web Server
1.  Nginx Web Server        
2.  Apache Web Server        
3.  Apache Tomcat Web Server        
4.  Lighttpd Web Server
5.  Litespeed Web Server
6.  Microsoft Internet Information Service (IIS)

2. FTP SERVER

FTP atau File Transfer Protocol merupakan protokol internet yang digunakan untuk urusan pengiriman data dalam jaringan komputer, seperti upload dan download file yang dilakukan oleh FTP client dan FTP server.

Fungsi FTP Server
  • FTP menjadikan transfer data lebih efisien dan reliable
  • Bisa melaksanakan pertukaran data dengan lebih cepat karena ukuran data tidak menjadi masalah
  • bisa dilakukan indirect atau implicit remote computer
  • Pemilik situs/website bisa melaksanakan backup websitenya dengan mudah dan ringan.
Kelebihan & Kekurangan
Kelebihan FTP adalah sebagai berikut :
  • FTP mempunyai sistem keamanan enkripsi terhadap jaringan yang digunakan, sehingga anda tidak perlu khawatir jika data anda diretas
  • Pada FTP, data yang dikirimkan tidak akan hilang atau dihapus oleh komputer ataupun perangkat elekronik lain
  • Verifikasi yang dilakukan untuk menggunakan FTP hanya ada 2 langkah dan memerlukan software yang mudah untuk digunakan.
  • FTP dapat digunakan untuk melakukan back up atau pencadangan data serta melakukan restore pada data website dengan begitu mudah.
  • Langkah transfer file sangat mudah dan efisien
  • Pengguna komputer dapat memanfaatkan FTP untuk melakukan implicit remote computer ataupun indirect computer.
Selain memiliki kelebihan, FTP juga memiliki kekurangan, sebagai berikut :
  1. Jika tidak menggunakan sistem keamanan enkripsi, maka FTP kurang aman digunakan untuk pertukaran data
  2. Desain yang digunakan dalam FTP tidak begitu kuat, sehingga para administrator tidak mendapatkan informasi yang berhubungan dengan resiko yang akan dihadapi oleh administrator.
  3. Kemudahan serta keamanan penggunaan FTP sering terjadi kesalahan dalam menyampaikan informasi sehingga administrator akan sulit memahami informasi yang diterima.
Cara Kerja FTP
Prinsip kerja dari FTP adalah menggunakan autentikasi standart yang mana untuk mengakses data-data yang ada pada FTP server diperlukan username dan password, sehingga user yang terdaftar pada sistem memiliki hak akses untuk membuka direktori dan file di dalamnya.

FTP client akan mengirimkan pesan untuk meminta layanan tukar menukar data pada FTP server. Setelah FTP client terkoneksi dengan FTP server maka FTP client dapat melakukan proses download, upload, dan proses lain sesuai dengan izin dan hak akses yang diberikan oleh FTP server.


Contoh FTP

Berikut ini adalah beberapa contoh FTP client yang gratis, yang sebaiknya kalian coba :

1. Filezilla

Filezilla merupakan FTP client yang paling banyak digunakan, kelebihannya adalah bisa menangani transmisi simultan (transfer multithreaded), support SFTP dan FTPS. Selain itu bisa dipakai untuk semua sistem operasi baik windows, MacOSX ataupun Linux

2. Cyberduck

Cyberduck bisa menangani berbagai keperluan file transfer yang kalian inginkan : SFTP, WebDev, Amazon S3, dan lain sebagainya. Tampilan aplikasi ini sangat minimalis sehingga mudah digunakan. Tersedia untuk Windows dan MacOSX

3. FireFTP

FireFTP adalah add-on Mozilla Firefox yang mempunyai fitur FTP/FTPS client tetapi langsung dari browser kalian. Tersedia untuk Windows, MacOSX, dan Linuk.


No comments:

Post a Comment