10 Jenis Microsoft Office dan Fungsinya

Microsoft Office adalah paket aplikasi yang diciptakan oleh Microsoft yang bertujuan untuk membantu pekerjaan di bidang perkantoran. Microsoft Office dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X.
Ada beberapa jenis software pada Microsoft Office yang banyak digunakan di perkantoran diantaranya adalah Microsoft Word, Excel, PowerPoint, Outlook, Access, InfoPath, Visio dan juga Publisher. Berikut akan dijelaskan macam-macam microsoft office tersebut beserta kegunaannya :

1. Microsoft Word
Microsoft Word adalah sebuah aplikasi yang diciptakan oleh Microsoft yang berfungsi sebagai pengolah kata. Microsoft Word biasa digunakan untuk membuat surat, laporan, dokumen, dan jenis pengolah kata lainnya.

2. Microsoft Excel
Microsoft Excel adalah aplikasi lembar kerja spreadsheet yang diciptakan oleh Microsoft yang berfungsi sebagai pengolah angka. Microsoft Excel biasa digunakan untuk membuat laporan keuangan, daftar nilai, grafik dan tabel dari suatu perhitungan, dan jenis pengolah angka lainnya.

3. Microsoft PowerPoint
Microsoft PowerPoint adalah sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai media presentasi yang digunakan dengan cara membuat tayangan slide yang terdiri dari teks, grafik, dan objek lain, yang dapat ditampilkan di layar yang nantinya akan ditunjukkan oleh presenter atau dicetak pada transparansi atau slide.

4. Microsoft Access
Microsoft Access adalah program aplikasi basis data atau database yang diciptakan oleh Microsoft. Microsoft Access biasa digunakan untuk membuat, mengolah, dan mengelola basis data atau database.

5. Microsoft Outlook
Microsoft Outlook adalah sebuah program aplikasi personal information manager yang diciptakan oleh Microsoft. Microsoft Outlook biasa digunakan untuk mengirim dan membaca surat-e, program ini juga memiliki fungsi kalender, jadwal kerja, catatan, dan jurnal.

6. Microsoft OneNote
Microsoft OneNote adalah aplikasi yang diciptakan oleh Microsoft yang berfungsi sebagai kertas catatan. Microsoft OneNote dapat digunakan untuk menulis, menggambar, memasukkan obyek, mencorat-coret, menampilkan screenshot, memberi komentar, serta membagikannya dengan rekan sekerja.

7. Microsoft Publisher
Microsoft Publisher adalah sebuah aplikasi desktop publishing yang diciptakan oleh Microsoft. Microsoft Publisher biasa digunakan untuk membuat koran, katalog, brosur, majalah, kartu ucapan, poster, mading, kalender dan lain - lain.

8. Microsoft InfoPath
Microsoft InfoPath adalah sebuah program aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan formulir pemasukan data berbasis XML. Microsoft InfoPath juga berfungsi untuk merancang, mendistribusikan, mengisi dan mengirimkan formulir elektronik yang berisi data terstruktur.

9. Microsoft Visio
Microsoft Visio adalah sebuah program aplikasi komputer yang sering digunakan untuk membuat diagram, brainstorm, dan skema jaringan yang dibuat oleh Microsoft. Aplikasi ini menggunakan grafik vektor untuk membuat diagram - diagramnya.

10. Microsoft Lync
Microsoft Lync adalah adalah sebuah program aplikasi yang berfungsi sebagai media komunikasi yang ciptakan oleh Microsoft. Microsoft Lync dapat digunakan
untuk melakukan pesan instan, panggilan audio dan video, mengirim dan menerima file, dan lain - lain.

Sekian artikel yang saya tulis mengenai macam-macam aplikasi yang terdapat didalam microsoft office. Semoga bermafaat

No comments:

Post a Comment