CARA INSTALL XAMPP DAN BAGAIMANA CARA MENJALANKANNYA


Cara instal XAMPP dapat dilakukan melalui beberapa langkah mudah. Sebagai informasi, XAMPP sendiri berguna untuk menjalankan script PHP pada localhost atau komputer tanpa harus ada koneksi internet. Tujuannya untuk menjalankan atau melakukan pengetesan sebuah website supaya lebih cepat ketika diakses jika dibandingkan dengan cara online.

1. Pertama-tama yang harus kalian lakukan adalah mendownload xampp. Untuk link download klik disini. Kalian bisa pilih yang manapun. Untuk versi terbaru bisa kalian pilih ver 7.3.7 yang paling bawah.
2. Setelah proses download selesai. Buka xampp, klik "yes" seperti penginstallan pada umumnya.
3. Jika muncul pemberitahuan seperti ini cukup klik "ok" saja
4. Lalu pada jendela ini dan seterusnya silahkan klik "next"
5. Tunggu hingga proses penginstallan selesai
6. Setelah selesai maka akan muncul jendela  xampp control panel. Klik "start" pada apache & mysql (karena itu yang sering digunakan), tunggu hingga tulisan start berubah menjadi stop.
7. Sekarang bukalah browser kesukaan Anda, dan coba ketikkan http://localhost/xampp di address bar. Jika muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, instalasi telah berhasil.

Selamat, akhirnya Anda berhasil menginstal aplikasi XAMPP. Sekarang komputer Anda sudah berfungsi seperti server dan bisa menjalankan aplikasi-aplikasi berbasis web.

Jika mengalami kesulitan saat menginstall xampp, seperti apache tidak bisa start, silahkan kunjungi artikel berikut :

No comments:

Post a Comment