Pengertian dan Komponen Komunikasi Data

Pengertian Komunikasi Data
Komunikasi data - Komunikasi berasal dari bahasa inggris “Communication“, secara emitologi berasal dari bahasa latin yaitu “Communis”  yang memiliki arti yaitu “berbagi” atau “menjadi milik bersama” komunikasi berarti suatu proses pembangunan saling pengertian dan menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung satu sama lain. Data berasal dari kata “datum” yang berarti materi atau kumpulan fakta yang di pakai untuk keperluan suatu analisa.
Komunikasi Data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih alat yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, sepeti internet.

Komponen Komunikasi Data
1. Pesan/Data adalah informasi yang akan dipindahkan bisa berupa teks, angka, gambar,        suara, video, atau kombinasi semuanya.
2. Pengirim (Transmitter) adalah piranti yang mengirimkan data
3. Media Transmisi adalah media atau saluran yang digunakan untuk mengirimkan data,          bisa berupa kabel, cahaya maupun gelombang magnetik.
4. Penerima (Receiver) adalah piranti yang menerima data
5. Protokol, adalah aturan-aturan yang harus disepakati oleh dua atau lebih alat untuk          dapat saling berkomunikasi.

Jenis Komunikasi Data
Ada 2 jenis komunikasi data, antara lain :

1). Komunikasi data melalui terestrial
  Jenis komunikasi data ini dapat dilakukan dengan menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya sehingga membutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun infrastruktur jenis ini.
2). Komunikasi data melalui satelit
  Jenis komunikasi data ini dapat dilakukan dengan menggunakan satelit sebagai aksesnya. Biasanya wilayah yang dicakup akses satelit lebih luas dan mampu menjangkau lokasi yang tidak memungkinkan dibangunnya infrastruktur terestrial.

Sistem Komunikasi Data
a. Titik ke Titik (point to point)
    Yaitu informasi dari sumber hanya ditujukan kepada satu penerima saja.
Contoh : telegram, fax, telepon
b. Titik ke beberapa penerima (multipoint communications)
    Yaitu informasi dari sumber ditujukan kepada beberapa penerima saja.
Contoh : jaringan dengan switch.
c. Menyebar (broadcasting communications)
    Yaitu informasi yang diberikan sumber dapat diterima oleh semua point yang terhubung tanpa kecuali.
 Contoh : televisi, radio broadcast


No comments:

Post a Comment